Cara Membasmi Waterspot Pada Cat Mobil

Assalamualaikum sobat mobilunda, pada Jum'at berkah ini saya akan sedikit memberikan tips atau cara untuk menghilangkan waterspot pada body mobil secara mudah dan cepat yang tentunya aman untuk body mobil kesayangan sobat. Sebelum kita masuk ke pembahasan ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu waterspot dan apa yang menyebabkan timbulnya waterspot.

Waterspot merupakan bercak pada body atau cat mobil berwarna agak putih dan bentuknya seperti lingkaran lingkaran kecil, waterspot pada mobil gelap akan sangat terlihat jelas dan tentunya jika dibiarkan akan membuat warna mobil kita menjadi terliha kusam dan kotor, namun pada mobil berwarna cerah pun akan sangat mengganggu, pasalnya kalau tidak diperhatikan secara seksama waterspot tidak akan terlihat jelas dan jika dibiarkan akan bertambah banyak. Waterspot yang sudah melekat lama akan semakin sulit untuk dibersihkan dengan air biasa karena sifatnya melekat pada lapisan terluar cat mobil atau clearcoat.
waterspot remover
Waterspot


Waterspot terbentuk akibat tetesan air hujan atau air yang bersifat asam yang mengering di atas cat mobil dalam jangka waktu tertentu. Jika bekas air hujan atau bekas mencuci mobil air tidak dibersihkan secara menyeluruh maka waterspot akan sangat gampang menempel pada body mobil. Biasanya waterspot lebih sering melekat pada bagian-bagian cat mobil yang susah dijangkau dan sering terkena paparan air hujan seperti atap mobil dan pada bagian kap mesin, dan tidak jarang waterpsot akan menyerang kaca depan dan belakang mobil jika pemiliknya malas untuk membersihkan sisa air pada panel tersebut.

Jika body mobil kita sudah terinfeksi waterspot tahunan maka akan sulit sekali untuk dibersihkan, cara paling efektif untuk waterspot yang sudah melekat lama seperti ini adalah dengan memoles seluruh body mobil dengan menggunakan compund dan proses ini biasa disebut dengan istilah cutting, dan dilanjutkan dengan proses polishing dan waxing agar body mobil kembali fresh dan terlihat baru lagi. Berbeda dengan waterspot yang baru muncul, biasanya akan lebih mudah dibersihkan namun tetap tidak bisa menggunakan air biasa.

Waterspot biasanya di bersihkan menggunakan cairan waterspot remover atau obat khusus, banyak koq di toko otomotif atau di ACE dengan merk dan harga yang berbeda-beda. Ohya sobat mobilunda, jangan sekali-kali menggunakan bensin atau bahan bakar lainnya untuk membersihkan body mobil karena akan merusak clearcoat yang menyebabkan mobil akan semakin kusam.
tips bersihkan waterspot
Water spot remover

Ada pepatah mengatakan "lebih baik mencegah dari pada mengobati", sepertinya pepatah tersebut juga berguna pada dunia otomotif, heheh sebelum waterspot timbul ada baiknya kita melakukkan perawatan atau perlindungan khususnya untuk cat mobil kesayangan kita, apalagi sekarang sudah musim hujan bukan. Simak tips dibawah ini untuk cara dan tips melindungi atau menghindari waterspot pada mobil:


  1. Cuci dan keringkan mobil secara menyeluruh pada setiap bagian mobil sehabis hujan-hujanan, dan jangan biarkan air mengering secara sendirinya, air hujan yang mengering dengan sendirinya akan cepat menimbulkan waterspot.
  2. Jangan biarkan mobil kesayangan kita berada diluar yang membuat mobil kepanasan dan kehujanan secara terus menerus, selain akan menimbulkan waterspot menjemur mobil di terik matahari akan merusak clear coat mobil.
  3. Lakukkan waxing secara berkala minimal sebulan sekali, bisa menggunakan produk-produk ternama seperti meguiars dan turtle wax untuk hasil maksimal. Wax akan membuat lapisan sangat tipis diatas clearcoat dan lapisan ini lah yang akan membuat air hujan tidak mudah melekat pada cat mobil kita.

Bagaimana sobat? mudah bukan? Mobil yang terawat akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi pada pemiliknya dan tentunya harga jual mobil akan lebih baik lagi.



Labels: