Tips Mensetting Karburator pada Mobil dengan Benar

Mensetting Karburator pada Mobil - Karburator merupakan bagian paling penting dalam bidang otomotif, baik dalam mobil atau pun motor. Sehingga keberadaan karburator memiliki peran yang penting dalam kendaraan bermotor. Artikel kali ini akan membahas tentang, mengetahui bagaimana tips mensetting karburator pada mobil dengan benar. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mensetting karburator mobil, berikut caranya. Namun, sebelumnya kita akan membahas lebih rinci tentang bagaimana karburator itu?

Fokus pembahasan artikel ini adalah tentang karburator mobil. Sebelumnya secara umum kita ketahui karburator adalah salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang ada pada motor atau mobil. Pada mobil sendiri, sistem kerja karburator diibaratkan dengan amunisi kendaraan. Jika tidak ada karburator maka kendaraan tidak dapat berjalan. Maka dari itu, karburator harus dijaga kebersihannya.
cara memilih mobil bekas
Karburator

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan karburator adalah dengan memperhatikan sistem pencampuran bahan bakar yang harus dijaga dengan baik. Jika anda menjaga dengan baik sistem bahan bakar anda maka, kinerja mesin akan lebih sempurna. Jika karburator anda mengalami kerusakan, maka dapat mengakibatkan kendaraan anda susah hidup.

Umumnya, karburator pada mobil dan motor memiliki fungsi yang sama. Namun, sekarang ini kita ketahui motor injeksi sudah banyak yang tidak menggunakan lagi karburator. Prinsip kerja karburator mobil mengadopsi prinsip bernoulli, yakni dengan mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Komponen karburator pada mobil terdiri atas, float chamber, floater, Choke valve, Thorttle Valve, Main jet, Slow jet, dan piston.

Karburator merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara. Namun, jika bahan bakar yang anda gunakan tidak cocok dengan yang direkomendasikan pabrik mobil maka akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar dan akselerasi kendaraan yang juga sangat berkurang. Nah, berikut ini adalah tips mensetting karburator mobil dengan benar.

Terdapat 3 sekrup yang penting perannya dalam karburator hingga optimal. Berikut ini tips mensetting karburator mobil dengan benar:
  1. Kendorkan sekrup idle up namun AC nyalakan. Anda bisa berhenti melakukan setting ketika sekrup tersebut tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
  2. Turunkan RPM mesin hingga 500 atau sampai tidak mati.
  3. Putar sekrup ke kiri hingga nyaris mati. Kemudian kembalikan ke kanan hingga nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan hingga RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik.
  4. Kemudian setting sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.
  5. Lalu, nyalakan AC, maka RPM akan berkurang turun.
  6. Terakhir nyalakan kembali sekrup idle ke RPM yang diinginkan.
Begitu tips mensetting karburator mobil dengan benar, namun hal ini mungkin tidak akan berguna untuk mobil keluaran terbaru karena sudah menggunakan teknologi injeksi, tapi bagi sobat yang ingin membeli mobil bekas yang berkualitas ini bisa dilihat tips pada artikel sebelumnya semoga bermanfaat.

Labels: